Unsoed Kirimkan Tim Delegasi dalam Ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional “Scientific Great Moment 5 – Agritech Research And Study Club” Universitas Brawijaya

10307370_4215152513142_1846029747005118972_n

Unsoed kirimkan tim delegasi dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) “Scientific Great Moment 5 – Agritech Research And Study Club” di Universitas Brawijaya, Malang. Dalam rangka Dies Natalis FTP-UB dengan tema: “Kolaborasi Inovasi IPTEK dan Optimasi Passion Generasi Muda Sebagai Akselerator Menuju Indonesia Madani.

Kegiatan yang berlangsung dari hari Jumat (23/05) sampai Minggu (25/05) terdiri dari Field trip, technical meeting, presentasi karya ilmiah dan seminar, merupakan serangkaian acara yang diadakan oleh panitia Scientific Great Moment – 5 (SGM 5). Acara tingkat nasional yang diadakan FTP-UB ini diikuti oleh berbagai universitas di seluruh Indonesia, dan UNSOED yang dimotori Arifin Budi Purnomo (Agribisnis, 2012), Tri Irawan (Teknik Pertanian, 2012) dan Yuli Astuti (Ilmu dan Teknologi Pangan, 2012) masuk sebagai salah satu finalis yang harus mempresentasikan karyanya.

Finalis yang mengikuti ajang ini terdiri dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Jember, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Pendidikan Indonesia dan Poltekkes Kementerian Kesehatan Malang.

Pada hari Jumat setelah para peserta finalis tiba di Kota Singo Edan, Hawa sejuk kota ini langsung menyambut hangat para finalis LKTI. keramahtamahan panitia SGM 5 langsung mengajak para peserta finalis ke penginapan yang tidak jauh dari Universitas Brawijaya untuk beristirahat terlebih dahulu sebelum rangkaian kegiatan dimulai. Setelah ibadah sholat Jumat para finalis diajak berkeliling ke Kota Malang dengan tujuan awal wisata yaitu Eco Green Park. Di sana para finalis saling mengakrabkan diri dan saling berkenalan, sekaligus menikmati pemandangan serta hawa sejuk kota Malang. Perjalanan selanjutnya adalah pusat oleh-oleh Brawijaya sekaligus melakukan sholat Maghrib, setelah ibadah Maghrib dilaksanakan, peserta finalis diajak ke pusat oleh-oleh kedua yaitu Soak Ngalam atau Kaos Malang yang kata-katanya dibalik sebagai ciri khas bahasa kota Singo Edan. Soak Ngalam merupakan outlet baju, kemeja dan t-shirt khas Malang.

Ongis Nade memiliki banyak perguruan tinggi yang lokasinya cukup berdekatan. Selama perjalanan wajah-wajah finalis terlihat senang bercampur lelah, namun peserta harus tetap bersemangat karena keesokan harinya para peserta harus presentasi di depan tiga juri yang masing-masing memiliki keahlian di bidang yang berbeda-beda. Juri yang hadir terdiri dari ahli teknologi dan kehalalan pangan, mekanisasi pertanian dan bioteknologi.

Akhirnya hari-hari yang ditunggu dari para finalis tiba, presentasi dengan 25 menit terdiri dari 15 menit presentasi dan 10 menit tanya-jawab. Finalis mulai mempresentasikan karyanya dan tim delegasi UNSOED mendapat urutan ke-10 dalam pemaparan karyanya dengan judul “Penerapan Quality Control Agroindustri Gula Kelapa Kristal Banyumas Sebagai Upaya Menciptakan Produk Berdaya Saing Global”.

Setelah rangkaian acara presentasi dilaksanakan para finalis semakin akrab, ada yang berfoto-foto di depan rektorat untuk mengabadikan momen dan adapula yang masih berdiskusi tentang presentasinya.

Rangkaian acara esok harinya adalah seminar nasional yang di laksanakan di Auditorium Widyaloka, seminar nasional ini diikuti oleh pembicara-pembicara luar biasa dan inspiratif, pembicara pertama adalah berasal dari Indonesia Medika yang mengelola asuransi bank sampah, kemudian dari MITI dan penulis buku best seller Note From Qatar” Muhammad Assad.

Setelah seminar dilaksanakan, pengumuman pemenang merupakan puncak dari acara.

Inilah waktu yang ditunggu-tunggu, pengumuman pemenang.

Pengumuman pemenang dimulai dari urutan ketiga yang diraih UGM, kedua UB dan juara pertama berasal dari UB juga. Meskipun UNSOED tidak masuk tiga besar tetapi pengalaman yang luar biasa sudah cukup membayar lelah-letih tim delegasi UNSOED. Ada banyak hal yang diperoleh dari para finalis yaitu pengalaman, ilmu dan teman baru.

Semoga keakraban dan silahturahim para finalis terus terjaga.

Succes is journey, not a destination. The real champion is not just winning the competition but everyone who can stand up for every failure”

 

Salam Riset! Sukses!!

-Tri Irawan Finalis LKTI SGM 5 2014

10370666_10201009333714876_544750396_n

About ukmpr

Visi 1. Terwujudnya suasana ilmiah di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman 2. Terwujudnya UKMPR sebagai UKM Universitas dalam menyumbangkan pemikiran dan karya ilmiah yang kompeten. Misi 1. Mencetak kader UKMPR yang kompeten dan professional dibidangnya 2. Mewujudkan konsistensi di UKMPR demi terbentuknya suasana ilmiah melalui kegiatan ilmiah di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman 3. Membangun kreatifitas dalam berkarya yang kompetitif Tujuan 1. Mewadahi minat mahasiswa dibidang penalaran dan riset 2. Mewujudkan Unit kegiatan yang ilmiah, dinamis, dan berlandaskan pada nilai-nilai religi serta jiwa kepemimpinan 3. Meningkatkan kontribusi mahasiswa dalam bidang penalaran dan riset baik dalam skala lokal, regional, nasional maupun internasional.
Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CommentLuv badge