The 4th Soedirman Science Competition 2015

Bertempat di Aula FISIP UNSOED, sabtu (6/6) berlangsung kegiatan Grand Final Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Soedirman Science Competition. Adapun kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan “The 4th Soedirman Science Competition 2015” yang terdiri atas Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional dan Seminar Nasional. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penelitian dan Riset ini bertemakan “Peran Ipteks Sebagai Implementasi Konkret Guna Mengantisipasi Indonesia Darurat.” LKTIN yang diikuti oleh 15 tim dari 11 Universitas se-Indonesia akan memaparkan karya tulisnya di depan dewan juri yang terdiri dari Prof. Dr. Suliyanto, SE., MM., dosen fakultas ekonomi UNSOED; Dr. Ing. Wahyu Widanarto, dosen Fakultas MIPA; dan Saptono Purwo P., ST., MT., Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral.

Hadir untuk membuka acara selaku Dewan Pakar UKM Penelitian dan Riset, Prof. Ir. Totok Agung DH., M.P., Ph.D. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya kegiatan kali ini merupakan sebagai salah satu perwujudan dari apa yang diajarkan oleh para pengajar, dikembangkan dan dilanjutkan para siswa didiknya. Beliau menegaskan bahwssc 2a riset merupakan tradisi keilmuan perguruan tinggi. “Mari terus mengembangkan ilmu pengetahuan untuk membangkun kompetensi kepakaran yang kita miliki dengan prinsip dasar ilmiah; jujur, obyektif, rasional dan terbuka,” beliau menambahkan.

Pada LKTIN tahun ini, Universitas Negeri Sebelas Maret menyabet gelar juara melalui tim yang diketuai oleh Andi Sulistiawan dengan karyanya yang berjudul “Penghasil Listrik dan Penghitung Langkah yang Anti Bau sebagai Implementasi Konkret Antisipasi Indonesia Darurat”. Selanjutnya disusul oleh Silviredeta Anindya Putri (IPB), Saprudin (UNSOED), Viqhi Aswie (ITS), kemudian Syafruddin (UNRI). Sedangkan predikat poster terbaik diraih oleh Annisa Dhiya Athiyyah Khanza (IPB).

Untuk penyelenggaraan Seminar Nasional dilaksanakan pada minggu (7/6) bertempat di Gedung Roedhiro dengan tema “Strategi Mengantisipasi Indonesia Darurat melalui Pengembangan IPTEKS yang berasaskan Budaya Lokal dan Berdaya Saing Global”. Momen ini menghadirkan Peneliti Muda Indonesia yaitu Prof.Dr.Ir.H. Ali Zum Mashar, MA, M.Si, I.D. dan Prof. Dr. Ir. Fahmi Ambar, M.Eng. Seminar Nasional kali ini juga menghadirkan Tokoh Utama Kabupaten Banyumas, yaitu Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein.

Salam Riset, Sukses !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CommentLuv badge

Powered by WordPress | Designed by: photography charlottesville va | Thanks to ppc software, penny auction and larry goins