Cerita Anggota

Oleh : Inas Fawazi-IESP 2015 dan Fauzi Zakariya-D3 Akutansi 2014

Akhir Februari ini, salah dua anggota UKMPR kembali mengikuti kompetisi karya tulis ilmiah tingkat nasional. LKTI yg bertajuk Konferensi the 16th SECOND UI (Sharia Economics Day) kali ini diselenggarakan oleh Forum Studi Islam Universitas Indonesia, Depok. Inas Fawazi dan Fauzi Zakariya tergabung kedalam 1 tim yang mewakili Universitas Jenderal Soedirman dalam acara ekonomi islam tertua tersebut. Mereka lolos ke tahap konfrensi dan mempresentasikan karya nya setelah melewati proses seleksi yang cukup ketat. Dimulai dari seleksi abstrak dan terpilih 130 abstrak terbaik, lalu dilanjutkan dengan seleksi full paper dan terpilihlah 20 paper terbaik dari 2 kategori berbeda, yakni Academic Paper (Paper hasil penelitian) dan Innovation Paper (Paper yang berupa ide atau inovasi).

Saat sesi presentasi, sebenarnya delegasi UKMPR mampu mempresentasikan karya nya dengan baik. Ide paper mereka pun dapat tersampaikan dengan baik dan mendapat apresiasi yg cukup bagus dari dewan panelis dan peserta lainnya. Pada saat tanya jawab pun, tim mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh dewan panelis dan peserta konfrensi lainnya dengan baik. Namun tim mengalami kendala dengan matinya pointer dan mic yang disediakan oleh panitia sehingga kondisi itu menyebabkan tim sempat kagok dalam presentasi nya. Namun secara keseluruhan tim mampu mempresentasikam karya nya dengan baik.
Pada akhirnya pun, Tim belum mendapatkan juara karena tim-tim dari universitas lain mendapat point yang lebih tinggi dari segi paper dan presentasi nya. Adapun juara dari konfrensi SECOND UI ini untuk Academic Paper berasal dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan untuk Inovation Paper berasal dari Universitas Indonesia.

Walaupun belum rezeki nya mendapatkan juara tapi kami mendapatkan pengalaman serta pengetahuan yang luar biasa. Pengetahuan ekonomi islam yang kami dapatkan dari berbagai rangkaian acara tersebut banyak membuka mata kami tentang ekonomi islam dan penting nya implementasi ekonomi islam dalam kehidupan serta Keberhasilan ekonomi islam di masa keemasan nya yang mampu membawa kemakmuran bagi masyarakat. Kalian pun akan mendapatkan banyak pengetahuan pula ketika kalian berkesempatan menjadi finalis dalam Lomba karya tulis atau event lainnya.

Begitu banyak pengalaman dan pelajaran yang dapat kalian ambil bila berkesempatan menjadi finalis dalam event apapun, apalagi bila mampu menjadi juara dalam event tersebut, maka akan menjadi sebuah prestasi dan kebanggaan tersendiri. Namun, bila belum di beri kesempatan merasakan juara, pengalaman-pengalaman yg kalian dapatkan bisa dijadikan pembelajaran agar di kesempatan selanjutnya dapat melakukan yg lebih baik lagi sehingga pada suatu saat nanti kalian bisa mendapatkan prestasi yang lebih baik dari sebelumnya. Pengetahuan dan pengalaman baru pun dapat kalian temukan ketika mengikuti LKTI atau event lainnya. Selain itu, kalian dapat bertemu orang-orang hebat serta menambah relasi dari berbagai universitas,

Ayo teman-teman dan adik-adik, pertahankan lah semangat dan motivasi kalian dalam menulis. Jadikan ambisi awal kalian mengikuti UKMPR sebagai motivasi kalian agar terus istiqomah dalam menulis. Insyaallah UKMPR dapat menjadi wadah bagi kalian, manfaatkan fasilitas yang ada serta kakak-kakak yang sudah lebih mengenal karya tulis untuk saling sharing karena kita semua masih dalam proses belajar.

Pengalaman yang sangat sedikit ini semoga dapat mengispirasi teman-teman serta adik-adik sekalian dalam menambah keinginan kalian dalam berkarya di bidang kepenulisan.
Sekian Terima Kasih 🙂

===
Jangan lupa pantengin terus medsos UKMPR ya!

-Twitter : Ukmpr.unsoed
-Fanspage Fb : Ukmpr Unsoed
-Instagram : @ukmpr.unsoed
-Line@ : @pvg0902f
-Fb : UKMPR Unsoed
-Website : pr.ukm.unsoed.ac.id

Salam Riset!!!
Sukses!!!

#ukmpr #unsoed #purwokerto
[MEDIA UKMPR 2017]

About ukmpr

Visi 1. Terwujudnya suasana ilmiah di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman 2. Terwujudnya UKMPR sebagai UKM Universitas dalam menyumbangkan pemikiran dan karya ilmiah yang kompeten. Misi 1. Mencetak kader UKMPR yang kompeten dan professional dibidangnya 2. Mewujudkan konsistensi di UKMPR demi terbentuknya suasana ilmiah melalui kegiatan ilmiah di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman 3. Membangun kreatifitas dalam berkarya yang kompetitif Tujuan 1. Mewadahi minat mahasiswa dibidang penalaran dan riset 2. Mewujudkan Unit kegiatan yang ilmiah, dinamis, dan berlandaskan pada nilai-nilai religi serta jiwa kepemimpinan 3. Meningkatkan kontribusi mahasiswa dalam bidang penalaran dan riset baik dalam skala lokal, regional, nasional maupun internasional.
PKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CommentLuv badge