Trik Lolos PKM, PMW, KTI, dan Essay

“Trik Lolos Karya Tulis, PMW dan PKM”

Oleh : Wulan Nia Sari

Fisika 2015

Galau, sedih, atau bahkan depresi akibat karya tulis tidak pernah sampai babak final pasti merupakan ujian tersendiri bagi para pejuang karya tulis. Pengorbanan yang tercurahkan seringkali tidak membuahkan hasil yang diharapkan. Perasaan negatif ini bahkan lebih menjadi-jadi ketika kita melihat teman sendiri lolos dengan lancarnya seakan tidak mengalami kendala seperti kita. Berdiam diri dan meratapi keadaan tidak akan membuat satupun karya kita mendapat apresiasi. So, berdiri dan melangkahlah kedepan dengan mantap. Agar dapat sampai ketujuan kita hanya perlu mengikuti jalan yang telah dilalui oleh teman-teman kita yang pernah sampai “ketempat itu”. Seperti kata pepatah “You Have To Learn The Rules Of The Game And Then You Have To Play Better Than Anyone Else”. Disini, penulis akan memberikan tips dan trick buat kalian agar bisa membawa pulang piala di ajang lomba karya tulis. So, Let’s learn guys!

Karya Tulis Ilmiah (KTI) adalah sebuah karya tulis atau laporan yang diterbitkan berdasarkan hasil penelitian/pemikiran yang dilakukan oleh seseorang atau tim yang telah memenuhi kaidah dan etika keilmuan serta disusun dengan aturan ketat agar dapat memenuhi kaidah keilmuan sehingga dapat berguna bagi masyarakat luas. Penyusunan karya ilmiah harus sistematik, benar, utuh, bertanggung jawab, serta berdasarkan kaidah bahasa yang benar. Dengan struktur KTI secara Garis Besar sebagai berikut:

 

  1. HALAMAN JUDUL
  2. HALAMAN PENGESAHAN
  3. SURAT PERNYATAAN ORISINALITAS
  4. KATA PENGANTAR
  5. DAFTAR ISI
  6. DAFTAR TABEL
  7. DAFTAR GAMBAR
  8. ABSTRAK
  9. BAB I PENDAHULUAN
  10. BAB II TINJAUAN / TELAAH PUSTAKA
  11. BAB III METODE PENULIASN/ PENELITIAN
  12.  BAB IV PEMBAHASAN
  13. BAB V PENUTUP
  14. DAFTAR PUSTAKA
  15. LAMPIRAN

 

Setelah pengenalan tentang pengertian Karta Tulis Ilmiah dan sistematikanya lalu bagaimana sih trik lolos Lomba KTI menurut mereka yang sering lolos LKTI ?

Bagi Mega Deviyana, mahasiswa Farmasi semester 6 yang telah sukses membawa piala sebagai juara ke-3 dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) pada Maret 2017, hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan karya ilmiah adalah IDE.

“Ide yang segar merupakan ide yang baru, menarik, kreatif, unik dan kalau bisa merupakan inovasi yang lebih baik dari ide yang mirip sebelumnya. Sedangkan untuk ide sendiri bisa teman-teman dapatkan lewat membaca judul-judul karya tulis yang lolos,atau menonton video anti mainstream yang ada di Youtube baik itu tentang saintek dan lainnya, juga bisa dari lingkungan hidup kita sendiri loh, dari hal-hal sepele juga bisa muncul ide untuk suatu karya”. Eksekusi terakhir menurut Mega adalah “Jaga Semangat Dan Jangan Mudah Menyerah”.

Sedangkan menurut Irfan Anwar Fauzan, mahasiswa Biologi semester 6 yang mendapat juara 3 LKTIN di Universitas Negeri Makassar 2016 lalu, trik lolos LKTI sendiri adalah ide yang dipaparkan memiliki nilai dan manfaat di masyarakat. “Ide yang bisa diimplementasikan pada masyarakat. Ide sebagus apapun saat tidak bisa diterapkan sama saja tidak berguna”, ujarnya.

Berdasarkan penjelasan yang telah diberikan dapat kita simpulkan bahwa komponen utama dalam karya tullis adalah ide yang baru, menarik, kreatif, unik dan memiliki manfaat dimasyarakat jika diapllikasikan. Sekarang kita telah mengetahui kunci utama untuk meng-upgrade karya kita, selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mencari dan menggunakan kunci tersebut agar bisa mengikuti jejak teman seperjuangan yang pernah merasakan sensai final LKTI. Selain LKTI ada juga perlombaan karya tulis yang terfokus ke Bussiness Plan. Universitas Jenderal Soedirman sendiri mengadakan perlombaan jenis ini dengan nama “PMW”.

PMW (Program Mahasiswa Wirausaha) merupakan program yang diselenggarakan perguruan tinggi  setiap tahun pada hampir di seluruh universitas negeri dan swasta di Indonesia, salah satunya di Universitas Jenderal Soedirman. Diharapkan dengan adanya program seperti ini, mahasiswa mapu mengembangkan potensi dan ide kreatif dalam menciptakan lapangan pekerjaan sendiri sehingga dapat mempunyai pikiran kritis ketika lulus dari perguruan tinggi, yakni bukan saja bagaimana cara untuk mendapat pekerjaan tetapi lebih ke bagaimana cara untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang baru yang akan bermanfaat bagi masyarakat luas. Winduningsih Solihah, Agroteknologi semester 6 merupakan satu dari sekian banyak mahasiswa yang bisa lolos PMW sampai tahap pendanaan. Berikut ini beberapa trik dari Winduningsih Solihah agar proposal PMW kita bisa lolos pendanaan:

  1. Proposalnya itu menarik

Menarik di sini bisa dari judul yang unik.

  1. Analisis kelayakan usahanya juga bagus

Analisis kelayakan usaha ini berkaitan dengan proposal usahanya memang punya progres menguntungkan jika dilaksanakan,dan untuk range dana usaha tidak dibuat-buat.

  1. Minimal produk usaha sudah pernah dibuat

Proposal PMW yang diajukan dengan rencana usaha yang memang sudah pernah dibuat oleh prencana usaha akan membuat nilai plus saat penilaian.

Wow sekali ya kawan. Jadi tertarik kan untuk menjadi wirausaha muda? Yuk berkarya dan menjadi wirausahawan. Satu lagi kunci telah kita pegang dalam berkarya. Semakin banyak kunci yang kita pegang semakin besar kemungkinan kita untuk sukses dalam berkarya. Okey, untuk tips terakhir akan diberikan mengenai perlombaan karya tulis paling perstisius di Indonesia bagi kalangan mahasiswa. Yups, apa lagi kalau bukan PKM.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah ajang bergengsi bagi mahasiswa. Program pendanaan penelitian yang diselenggarakan oleh DIKTI ini cukup royal, baik dari segi dana yang disediakan maupun pengalaman riset yang dijanjikan. Sayang banget kalau kamu yang tertarik melanjutkan karier di bidang akademik sampai melewatkannya. Ikut saja, siapa tahu bisa lolos pkm atau bahkan menang di tingkat nasional alias PIMNAS, ‘kan? Tapi persaingan ketat antar mahasiswa di seluruh Indonesia juga menuntutmu harus pandai memilih tema yang menarik agar bisa didanai dan masuk seleksi awal. Nah, agar proposal yang akan kamu ajukan bisa menarik para reviewer PKM, berikut trik lolos pkm yang bisa kamu lakoni. Semoga bisa membantumu lolos seleksi dan terbebas selamanya dari paceklik prestasi ya.

Tri Irawan, seorang Alumnus  Teknik Pertanian UNSOED, yang juga merupakan alumni dari UKMPR, sering berkarya dan mendapat pendanaan PKM mengatakan “Saya tidak punya teori banyak untuk bisa lolos PKM”. Bagi Tri, yang sempat mendapatkan Unsoed Award bidang Riset tahun 2015 ini, trik lolos PKM adalah sebagai berikut:

  1. Punya ide.
  2. Bisa direalisasi/tidak.
  3. Perbanyak membaca dalam rangka mencari sumber/data.
  4. Perhatikan format dalam menulis/ikuti panduan/rapi/kalau mau keluar dari format jangan diimprovisasi banyak-banyak.
  5. Terus-menerus berlatih dan belajar menulis dari membaca/melihat artikel ilmiah hasil riset, surat kabar, dan video.
  6. Mencari tim yang sesuai dan enak diajak kerjasama.

Kunci untuk lolos pendanaan sudah di tangan nih selanjutnya tinggal pelaksanaan yang mantap agar karya kita bisa sampai ke PIMNAS. Menurut Yessy Gladiani Sutrisno, mahasiswi Profesi Farmasi angkatan 2017 yang sukses memperoleh pendanaan PKM dan maju ke Pekan Ilmiah Nasional di Bogor tahun 2016 lalu mempunyai tips agar bisa memenangi PIMNAS. Berikut adalah tips-tipsnya:

  1. Awali dengan berdoa
  2. Motivasi diri anda dan tim
  3. Buat script atau narasi
  4. Latihan berulang-ulang kali
  5. Buat jargon pembuka yang berkesan
  6. Presentasi fokus namun tetap santai
  7. Tampil elegan

Sekian sedikit tips dan trik untuk lolos lomba kepenulisan ilmiah seperti KTI, PMW maupun PKM. Semoga bermanfaat.

Yuk mulai menulis dan berkarya! Jangan tunda dan mari bangkit kembali !

About ukmpr

Visi 1. Terwujudnya suasana ilmiah di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman 2. Terwujudnya UKMPR sebagai UKM Universitas dalam menyumbangkan pemikiran dan karya ilmiah yang kompeten. Misi 1. Mencetak kader UKMPR yang kompeten dan professional dibidangnya 2. Mewujudkan konsistensi di UKMPR demi terbentuknya suasana ilmiah melalui kegiatan ilmiah di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman 3. Membangun kreatifitas dalam berkarya yang kompetitif Tujuan 1. Mewadahi minat mahasiswa dibidang penalaran dan riset 2. Mewujudkan Unit kegiatan yang ilmiah, dinamis, dan berlandaskan pada nilai-nilai religi serta jiwa kepemimpinan 3. Meningkatkan kontribusi mahasiswa dalam bidang penalaran dan riset baik dalam skala lokal, regional, nasional maupun internasional.
PKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CommentLuv badge